--> 10 cara merawat komputer agar tidak lambat | DUNIA INFORMASI
close

10 cara merawat komputer agar tidak lambat

|


komputer atau netbook yang tiap hari kita pakai memerlukan perawatan supaya tidak lelet dan tidak hancur. Langkah menjaga computer ini dapat disebut gampang-gampang susah, karena selainnya perlu keterdisiplinan, harus juga menantang perasaan malas. Computer yang lelet umumnya ada permasalahan pada softwarenya, tetapi tidak tutup kemungkinan di hardware nya juga. Bila kita tidak rajin lakukan perawatan pada hardware dan software, karena itu computer kita dapat alami kerusakan.

Saya sendiri pernah merasakan kerusakan computer re-start sendiri. Sesudah saya check dengan cermat, rupanya RAM yang saya pakai kuningan nya telah kotor . Maka, saya coba membersihkan dengan penghapus karet. Dan saya pasang kembali pada socketnya, akhirnya computer saya telah kembali normal. Nach, berikut kenapa saya merekomendasikan anda untuk menjaga computer yang anda punyai supaya tidak hancur dan lelet.


Berikut 10 Langkah Menjaga Computer Supaya Tidak Lelet dan Hancur

10 panduan menjaga computer ini berdasar pengalaman individu dan sejumlah sumber yang saya baca dan saya anggap ini masih bermanfaat sekali. Berikut pembahasan panduan dan triknya :



1- Pakailah stabilizer dan UPS supaya tegangan listrik konstan. Tegangan listrik yang tinggi bisa menghancurkan piranti keras computer misalkan power suplai.

2- Tidak boleh mematikan computer dengan mengambil langsung colokan di saat computer sedang bekerja. Matikan computer sesuai ketentuannya yaitu click start- shutdown- lalu nantikan computer Sampai betul-betul Mati- selanjutnya Anda dapat mengambil colokan computer.

3- Jauhi computer dari sengatan matahari langsung.

4- Jauhi menyimpan benda cair dekat sama computer.

5- Jauhi benda yang mempunyai karakter magnet dekat sama computer, sebab bisa menghancurkan monitor dan piranti keras CPU

6- Membersihkan CPU dan piranti keras yang lain secara periodik menggunakan kain lembut, kuas cat kecil dan alat penyemprot udara. Misalkan power suplai, heatsink, cool fan, RAM, dan motherboard.

7- Pakai antivirus lokal (baca : smadav terkini) dan melakukan scanning secara periodik pada tiap drive computer, misalkan tiap satu minggu sekali.

8- Kerjakan pengujian data secara periodik baik itu hapus atau meng-cover data untuk memperhitungkan kelebihan kemampuan pada tiap Drive computer. Bila ada drive computer yang nyaris penuh, karena itu computer jadi lelet.

9- Pakai program yang cuma dibutuhkan dalam menolong tugas Anda. Uninstall program yang tidak dibutuhkan untuk mengurangi beban memory RAM anda.

10-Agar computer tahan lama, tidak lelet dan tidak gampang hancur, saya sendiri memakai Deep Freeze . Maka, sesudah saya instal semua program yang saya butuhkan, selanjutnya jalankan program Deep Freeze, dan lakukan frozen pada drive C.


Kerjakan panduan langkah menjaga computer dengan benar dan baik supaya computer masih tetap tahan lama serta awet. Sendiri telah mengaplikasikan langkah di atas, hingga computer saya masih tetap tahan lama serta awet. Umumnya bila computer mulai lelet , karena kegiatan multitasking, saya lakukan re-start dan computer normal kembali.


Demikian artikel berkenaan 10 langkah menjaga computer supaya tidak lelet dan hancur. Janganlah lupa untuk lakukan perawatan secara periodik, sekurang-kurangnya minimum 1 bulan 2x. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat anda yang mencari informasi berkenaan langkah menjaga computer. Salama IT


Related Posts

No comments:

Post a Comment